Follow Us @soratemplates

Thursday, September 13, 2018

Impian Jokowi Sungai Ciliwung Sebersih Cheonggyecheon Korsel


INFO TERKINI JAMAN NOW - Kunjungan Joko Widodo ke Korea Selatan (Korsel) selama dua hari menimbulkan inspirasi. Ketika jalan pagi di Seoul, ibu kota Korea Selatan, Selasa pagi, 11 September 2018, Presiden RI yang akrab disapa Jokowi itu menyaksikan pemandangan di Sungai Cheonggyecheon.

Jokowi terkesan melihat sungai Cheonggyecheon yang sangat bersih , Jokowi pun ingin agar sungai Ciliwung yang membelah kota Jakarta bisa sebersih itu.

Ternyata pada tahun 2003, kondisi sungai Cheonggyecheon hampir sama dengan Ciliwung. Namun dalam waktu 2 tahun 3 bulan , sungai Cheonggyecheon menjadi bersih kembali seperti zaman dahulu kala.

Dalam kurun waktu tahun 2003 sampai 2005 , pemerintah kota Seoul yang dibantu dana swasta merapikan lokasi sungai dengan hati-hati, dan langkah ini nyatanya memberikan hasil yang memuaskan. Jutaan orang berkunjung ke Cheonggyecheon setiap tahunnya dan temperatur pun menjadi berkurang sampai 5 derajat celsius.

Asian Development Bank mengatakan pentingnya kemauan politik untuk melakukan proyek seperti Cheonggyecheon, serta melakukan perbaikan sistem transportasi, dan berfokus membuat kota hijau. Tujuannya agar penduduk bisa mendapat ruang bersantai di tengah kota. Ini dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan siap mewujudkan keinginan Jokowi untuk menjadikan Kali Ciliwung mirip dengan Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan. Anies akan segera membereskan masalah lingkungan di Sungai Ciliwung.

"Kita harus bereskan," ucap Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu, 13 September 2018.

Kini pemerintah provinsi DKI tengah menyusun serta menyiapkan solusi untuk mengatasi permasalahan sungai Ciliwung. Anies akan membuat Ciliwung tak hanya terlihat indah , tetapi juga ingin mengurangi pencemaran sungai di Jakarta.

 

No comments:

Post a Comment